Minggu, 22 Agustus 2010

Karya Ilmiah

RINGKASAN
Penerapan Pemanfaatan Sabuk Pengaman dan Bangul Ergonomis
dalam Pemetikan Bunga Cengkeh untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Petani Pemetik Bunga Cengkeh di Bali

Oleh
Gede Ardiantara (NIM. 0714011004)
Jurusan Pendidikan Ekonomi
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Pendidikan Ganesha

Tulisan ini ingin menyumbangkan ide tentang solusi untuk pemecahan masalah tidak tepatnya waktu pemetikan bunga cengkeh yang mengakibatkan pada berkurangnya kualitas bunga cengkeh yang dihasilkan dan kurangnya kesadaran petani pemetik bunga cengkeh akan pentingnya keselamatan dan keamanan kerja yang menyebabkan selalu saja setiap musim panen berlangsung terdapat petani pemetik bunga cengkeh yang mengalami kecelakaan kerja, seperti patah tulang tangan, patah tulang kaki, keseleo, dan bahkan ada yang sampai meninggal dunia. Kedua masalah tersebut tentunya akan bermuara pada menurunnya produktivitas kerja dari petani pemetik bunga cengkeh itu sendiri. Penurunan produktivitas kerja ini ditandai dengan tidak tercapainya luaran yang maksimal, yang merupakan sesuatu yang mutlak untuk diperlukan demi kesejahteraan masyarakat.
Tanaman cengkeh dapat tumbuh di berbagai daerah di Indonesia dan dapat menjanjikan hasil yang cukup baik apabila dibandingkan dengan tanaman tahunan lainnya. Dalam pemetikan bunga cengkeh banyak mengandung permasalahan seperti misalnya waktu pemetikan yang tidak tepat, peralatan kerja yang tidak tepat, dan produktivitas kerja yang tidak maksimal. Guna mengatasi permasalahan tersebut di atas, suatu ilmu yang penulis dapatkan dari berbagai sumber literatur adalah penerapan ilmu ergonomi yang tepat dapat memberikan sumbangan maksimal baik dalam waktu pemetikan, peralatan kerja, dan peningkatan produktivitas kerja. Cara atau teknik yang disodorkan oleh ilmu ergonomi adalah bagaimana mengaplikasikan teori-teori ergonomi di sektor pertanian, khususnya dalam pemetikan bunga cengkeh. Teknik yang tepat adalah bagaimana para petani pemetik bunga cengkeh dapat merubah cara kerja dari cara kerja yang tradisional ke cara kerja yang ergonomis. Cara kerja ini dilakukan dengan penserasian peralatan kerja dengan orangnya dengan memperhatikan antropometri pekerjanya.
Metode yang penulis gunakan dalam penulisan karya tulis ini adalah telaah pustaka (literatur), wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh dari beberapa kajian pustaka seperti buku, literatur, maupun wawancara dengan informan, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mencari keterkaitan dari data-data tersebut yang sesuai dengan materi yang dikaji.
Permasalahan pemetikan bunga cengkeh pada umumnya yang sangat fatal bisa dapat menimbulkan kematian dan cedera berat, sedang, dan ringan. Guna mengatasi masalah yang tersebut di atas, penulis menyodorkan solusi terbaik adalah dengan memperbaiki alat kerja yang tradisional memodifikasinya dengan pertimbangan ergonomis. Alat kerja yang ergonomis yang dimaksudkan itu adalah memperbaiki sabuk pengaman dan perbaikan bangul. Hal ini akan dapat meningkatkan produktivitas kerja dan menjaga keamanan, kenyamanan, dan kesehatan yang pada akhirnya dapat pula mensejahterakan petani pemetik bunga cengkeh.
Sabuk pengaman dan bangul ergonomis serta penggunaannya yang tepat akan dapat memberikan manfaat maksimal yang menyangkut beban kerja, keamanan kerja, dan peningkatan pendapatan para petani pemetik bunga cengkeh yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan keluarga petani pemetik bunga cengkeh. Saran yang dapat penulis berikan melalui karya tulis ini adalah sebagai berikut. Bagi petani pemetik bunga cengkeh, bagi mahasiswa, bagi masyarakat (pemilik perkebunan cengkeh), dan bagi pemerintah harus bersatu padu mengatasi permasalahan yang sangat berat dan besar yang dihadapi oleh para petani pemetik bunga cengkeh yang berdampak kadang-kadang sangat berat sekali sebagai akibat kecelakaan kerja yang tidak terduga sebelumnya karena pengetahuan mereka rendah dan memiliki kemampuan ekonomi yang rendah pula yang tidak dapat terpikirkan karena tujuan mereka hanya untuk mencari kerja pengisi perut saja.
Kata Kunci: Ergonomis, Bangul, Cengkeh, Produktivitas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar