Senin, 08 November 2010

FILOSOFI RANTING KERING

KETIKA REMAJA, saya termasuk sering berkemah atau kemping. Bersama beberapa kawan, saya memilih lokasi-lokasi yang dekat dengan pegunungan. Alasannya sederhana, ingin cari udara segar dan hawa pegunungan yang dingin membuat badan terasa lebih fresh.
Sambil bercengkerama sembari genjrang-genjreng gitar, nyanyi asal sekadar meramaikan suasana, saya benar-benar seperti terbebas dari sumpek udara kota. Benar-benar menyegarkan.
Disela-sela nyanyi-nyanyi tadi, saya dan teman-teman biasanya mencari rantihng kering yang berserakan. Potongan ranting yang sudah kering kami kumpulkan dan kemudian kita pakai bersama-sama untuk api unggun.  Ranting kering itu  terbakar dan memberi kehangatan di udara pegunungan yang biasanya makin malam makin dingin. 
Ranting-ranting yang tercecer itu, nyaris tak tersentuh ternyata bisa memberikan satu kehangatan.  Bayangkan jika tak ada ranting kering tadi, bisa-bisa saya menggigil tak henti. Dalam beberapa kasus, tak sedikit pendaki yang tewas karena kedinginan dan taki sempat mencari ranting atau kayu bakar bakar di sekitar lokasi istirahat misalnya.
Dari sesuatu yang tidak berguna, diremehkan, dianggap tak berguna, bahkan dianggap hanya mengotori, ranting kering tadi membuktikan “eksistensinya” memberi kehangatan di api unggun.  Jujur saja, kita pasti jarang menoleh pada hal-hal seperti itu. Kita jarang belajar pada alam yang sebenarnya juga menjadi “guru” kita juga.
Ranting kering akhirnya memang menjadi abu. Tapi tahukah kita, bahkan abunya pun masih bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain.  Segala yang tampaknya kotor, sampah dan tidak penting itu, ternyata justru menolong kita pada saat kita mencoba bercengkerama dengan alam.
Filosofi sederhana apa yang bisa kamu tangkap? Jangan pernah merasa menjadi orang tidak berguna. Jangan pernah merasa jadi manusia paling  terpuruk di dunia. Jangan merasa miskin ketika melihat orang kaya. Jangan merasa buruk rupa ketika melihat orang cantik atau tampan.  Ranting kering adalah contoh sederhana, bagaimana membuat diri kita bermafaat.  Filosofi sederhananya, jangan pernah takut diremehkan dan tidak dianggap penting, karena sebenarnya kita adalah orang penting…

dikutip dari: http://moer.multiply.com/journal/item/110/FILOSOFI_RANTING_KERING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar