A. STANDAR KOMPETENSI 1
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi
KOMPETENSI DASAR
1. Mengidentifikasi kebutuhan manusia
2. Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
3. Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi
4. Mengidentifikasi hilangnya kesempatan kerja pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
5. Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melalui proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan pengertian kebutuhan
2. Menyebutkan macam-macam kebutuhan manusia
3. Menjelaskan macam-macam kebutuhan manusia
4. Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
5. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
6. Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak
7. Menyebutkan masalah pokok menurut aliran klasik
8. Menjelaskan masalah pokok ekonomi dari aliran modern
9. Mendeskripsikan pengertian biaya peluang
10. Menunjukkan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain
11. Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi
12. Menyebutkan sistem ekonomi (sistem ekonomi tradisional, terpusat, liberal, dan campuran)
13. Menjelaskan kebaikan dan keburukan sistem ekonomi
14. Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi)
B. STANDAR KOMPETENSI 2
Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
KOMPETENSI DASAR
1. Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
2. Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram
3. Mendeskripsikan peran produsen dan konsumen
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melalui proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang
2. Mendeskripsikan macam-macam nilai barang
3. Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi
4. Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
5. Mendeskripsikan pola perilaku produsen dalam kegiatan ekonomi
6. Mendeskripsikan fungsi produksi
7. Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik)
8. Menyebutkan pelaku-pelaku dalam kegiatan perekonomian
9. Mengidentifikasi peran pelaku ekonomi
10. Mendeskripsikan hubungan antarperilaku ekonomi melalui diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)
11. Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi
CATATAN:
1. Waktu pelaksanaan UTS Ekonomi masih menyesuaikan dengan situasi dan kondisi (setelah libur Hari Raya Idul Fitri)
2. Siswa diwajibkan mempersiapkan diri untuk mengikuti UTS Ekonomi dengan baik.
3. Gunakan dan bagi waktu liburan sebaik-baiknya, antara liburan dan persiapan UTS.
4. Jika ada materi yang belum dimengerti bisa menghubungi Bapak.
5. Terima kasih.
![]() | |||
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar