Kamis, 16 September 2010

SEANDAINYA


Seandainya aku bahagia,
Siapa yang akan turut berbahagia denganku?
Seandainya aku senang,
Siapa yang ikut merasa senang sepertiku?
Kurasa hanya segelintir orang saja
Yang seperti itu
Seandainya aku sukses,
Siapa yang akan memberiku selamat
Atas kesuksesanku?
            Seandainya aku kesulitan dalam hidup,
Siapa yang akan membimbing arah perahuku?
Seandainya aku bersedih,
Siapa yang empati terhadap diriku?
Seandainya aku kehilangan
Orang yang kucintai dan kusayangi,
Siapa yang akan menenangkan diriku?
Siapa yang akan menyabarkan hatiku
Dan membuatku tersenyum sedetik kemudian?
Seandainya aku MATI,
Siapa yang akan mengenang diriku?
Siapa yang menangisi kepergianku
Yang takkan mungkin bisa kembali?
Kurasa tak ada yang seperti itu
Itu hanya khayalan dan bualan belaka
Hei sobat….
Mana mungkin orang seperti aku ini
Bisa dikenang dan ada yang menangis karenaku
Apalah arti diriku dalam kehidupan duniawi
Nan fana dan penuh tanya ini
Ku hanya seperti tanaman tembakau
Daunku dipetik, namun batang tubuhku dicampakkan
Seolah-olah ku tak berguna lagi
Sesungguhnya ku tak ingin
Ada yang menangis karenaku
Ku hanya ingin mereka tetap ingat pada diriku
Dengan hati yang gembira
Dengan jiwa yang tenang
Dan wajah yang penuh senyum
            Seandainya semua itu terjadi,
           Apa yang akan terjadi?
            Samakah perilaku mereka
            Baik di saat ku duka maupun suka
           Atau saat ku meninggalkan dunia ini
           Untuk selamanya
           Hanya Tuhan yang tahu
           Yang akan terjadi
           Seandainya semua itu terjadi

Griya Panji Asri, 26 November 2007


Gede Ardiantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar